Skip to main content

karya ilmiah "Masker Wajah dari Kacang Kedelai



KARYA ILMIAH
"MASKER WAJAH DARI KACANG KEDELAI"


 Disusun Oleh :
        Suci Pratiwi             (20117063)
                                                Tin Awalul M          (20117064)     

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS SELAMAT SRI
KENDAL
2018




BAB I
PENDAHULUAN
1.1         LATAR BELAKANG
Saat ini tanaman kedelai merupakan salah satu bahan pangan yang penting setelah beras bagi kehidupan manusia. Kedelai (Glycine max (L.) Merill) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Mengingat sangat penting asupan gizi yang dibutuhkan tubuh terutama protein. Kadungan protein yang sering kita dengar atau kita ketahui banyak terdapat dalam kacang kedelai. Namun ada beberapa kandungan dalam kacang kedelai yang belum kita ketahui. Di Indonesia, kedelai menjadi sumber gizi protein nabati utama, meskipun Indonesia harus mengimpor sebagian besar kebutuhan kedelai. Ini terjadi karena kebutuhan Indonesia yang tinggi akan kedelai,khususnya Kedelai putih. Pemanfaatan utama kedelai adalah dari biji. Biji kedelai kaya protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin. Olahan biji dapat dibuat menjadi tahu, tempe, kecap, susu kedelai, tepung kedelai, taosi, tauco,  minyak kedelai, dan bisa juga digunakan sebagai kosmetik masker wajah.
Kosmetika adalah bahan sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (kulit) terutama untuk membersihkan, mengharumkan, mengubah penampilan, memperbaiki bau badan dan melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik (BPOM RI, 2011). Penggunaan kosmetik pada wajah tersedia dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah masker yang mempunyai beberapa keuntungan diantaranya mudah dalam penggunaan, serta mudah untuk dibilas dan dibersihkan. Masker bermanfaat memperlancar peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dan mengangkat sel-sel tanduk yang telah mati. Mekanisme kerja masker wajah adalah menyebabkan suhu kulit wajah meningkat sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar dan penghantaran zat-zat gizi ke lapisan permukaan kulit dipercepat sehingga kulit muka terlihat menjadi lebih segar. Kedelai merupakan bahan makanan yang terkenal akan kandungan protein tinggi. Selain itu, kacang kedelai juga kaya akan serat serta isoflavon. Nah, kandungan inilah yang dapat mencegah kerusakan kulit wajah, memberi efek mencerahkan, serta menjadikan kulit terlihat lebih bernutrisi.
 
Vitamin E dalam kacang kedelai juga sangat baik untuk merangsang regenerasi kulit, lho. Jadi, sel-sel kulit mati dapat terangkat dan digantikan dengan sel kulit baru, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah. Selain itu minyak kedelai juga cenderung lebih encer daripada minyak kelapa jadi lebih mudah meresap ke dalam kulit dan tidak membuatnya tampak berminyak.
Dari latar belakang diatas mendorong penulis untuk mengadakan penelitian, penulis ingin membuktikan bagaimana cara kerja kacang Kedelai sebagai masker wajah dan bagaimana cara pembuatannya agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas khususnya para remaja.
1.2         Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain :
1.      Bagaimana cara membuat masker wajah berbahan dasar kacang Kedelai?
2.      Bagaimana cara mengaplikasikannya ?
3.      Manfaat apa yang terkandung dalam masker wajah kacang Kedelai?
4.      Adakah effek samping yang ditimbulkan oleh masker wajah Kacang Kedelai
5.    Bagaimana cara memasarkan/ mempromosikan masker wajah kacang Kedelai kepada masyarakat luas?
1.3         Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu :
1.      Mencoba hal baru untuk sesuatu yang baru, yang menjadikan hal biasa menjadi luar biasa.
2.      Mengetahui prospek kerja dari pembuatan masker wajah berbahan dasar alami yaitu kacang kedelai.
3.      Dengan adanya penelitian pembuatan masker wajah berbahan dasar kacang kedelai, semoga masyarakat khususnya para remaja bisa menggunakan dan memilih untuk memai masker berbahan dasar alami daripada menggunakan mask sheet instant.
4.      Pengemasan yang menarik akan menarik daya minat sesorang yang melihatnya, semoga bisa diterima dan bermanfaat bagi semuanya.






DAFTAR PUSTAKA


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makalah "MERAIH KASIH ALLAH DENGAN IHSAN"

BAB I PEMBAHASAN 1.1    PENGERTIAN IHSAN Ihsan berasal dari bahasa yang artinya berbuat baik/ kebaikan. Sedangkan menurut istilah yaitu perbuatan baik yang dilakukan oleh seseorang dengan niat hati beribadah kepada Allah SWT .  Menurut pengertian istilah ada beberapa definisi dan pengertian yang diberikan oleh ulama yaitu : 1.       Muhammad Amin al-Kurdi, ihsan ialah selalu dalam keadaan diawasi oleh Allah dalam segala ibadah yang terkandung di dalam iman dan islam sehingga seluruh ibadah seorang hamba benar-benar ikhlas karena Allah. 2.         Menurut Imam Nawawi ihsan adalah ikhlas dalam beribadah dan seorang hamba merasa selalu diawasi oleh Tuhan dengan penuh khusuk, khuduk dan sebagainya Dari pengertian ihsan di atas, maka yang menjadi landasan dasar dari Ihsan antara lain sebagai berikut : Muraqabatullah yang meliputi merasa selalu dalam pengawasan Allah swt dan sikap Ihsan sebagai hamba Allah swt. sebagaimana keterangan dalam hadits sabda Nabi Muhamm

Pengertian Flowchart Beserta Contoh Sederhana

PENGERTIAN FLOWCHART Flowchart adalah bagan-bagan atau skema yang mempunyai cirus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. GAMBAR DAN FUNGSI CONTOH FLOWCHART MEMASAK AIR Pertama siapkan panci terlebih dahulu Kemudian isi dengan air secukupnya Kemudian panci tersebut diletakkan diatas kompor Setelah itu nyalakan kompor Tunggu air hingga mendidih   Setelah mendidih matikan kompor Air matang

Pengertian Flowchart lengkap dengan gambar dan fungsi, serta contohnya

PENGERTIAN FLOWCHART Flowchart adalah bagan-bagan atau skema yang mempunyai cirus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. GAMBAR DAN FUNGSI CONTOH FLOWCHART MEMASAK AIR 1.        Pertama siapkan panci terlebih dahulu 2.        Kemudian isi dengan air secukupnya 3.        Kemudian panci tersebut diletakkan diatas kompor 4.        Setelah itu nyalakan kompor 5.        Tunggu air hingga mendidih 6.        Setelah mendidih matikan kompor 7.        Air matang